Selasa, 01 November 2016

Bantahan sederhana terhadap Teori Gravitasi

Saya ingin coba membantu menjelaskan miskonsepsi gravitasi. Saya hanya bisa jelaskan dengan analogi sederhana karena keterbatasan ilmu yang saya miliki.

Gaya tarik bumi, seperti yang diajarkan di sekolah adalah gaya yang menarik benda-benda ke bumi. Ada konstanta percepatan gravitasi (g) sebesar 9,8 m/s^2. Kebanyakan orang (termasuk saya) salah mengartikan bahwa angka 9,8 m/s^2 ini menunjukkan ukuran Gaya (F) yang menarik benda-benda ke bumi. Ini adalah salah karena 9,8 m/s^2 ini hanyalah nilai percepatan jatuhnya benda ke bumi, bukannya gaya atau energi yang menariknya.

Analogi sederhananya adalah seperti Daya dan Kecepatan pada sepeda motor Anda. Jika Anda menaiki motor dari keadaan diam, kemudian Anda hidupkan dan gas sampai kecepatan 100 km/jam, apakah angka 100 km/jam ini yang membuat motor Anda melaju dari titik awal ke titik tujuan? Pasti Anda jawab tidak. Yang menjalankan motor bukan angka kecepatan yang 100 km/jam itu, gerakan piston yang disebabkan oleh ledakan pembakaran bensin di mesin Anda yang menyebabkan motor berjalan. Maka sama seperti itulah konstanta 9,8 m/s^2 bukan gaya yang menyebabkan benda-benda tertarik ke bumi, angka ini hanya menunjukkan percepatan jatuhnya benda-benda ke bumi.

langkah kerja 4 tak.jpg

Lalu bagaimana dengan gaya tarik bumi yang sesungguhnya jika memang itu ada? Kita pakai analogi mesin motor lagi untuk menjawabnya. Gaya dorong atau di mesin motor ini dapat dihitung dengan baik loh, dihitung menggunakan satuan Daya Kuda (DK). Saya cuplik penjelasan dari blog:

Horse Power (HP) atau Daya Kuda (DK) seperti namanya merupakan unit standard yang dihasilkan oleh obeservasi James Watt (penemu mesin uap) atas kemampuan rata-rata seekor kuda yang mampu memutar penggilingan berradius 12 kaki (3.6576 m) sebanyak 144 kali dalam satu jam (2.4 putaran per menit). Jadi horsepower adalah kemampuan untuk mengusung beban selama periode tertentu, kemampuan mengusung beban seberat 33,000 pounds selama 1 menit dihitung sebagai 1 dk. Pada otomotif atau mechanical engineering antara torsi dan horsepower memiliki kaitan erat karena akan menentukan performa dan kesesuaian aplikasinya.

Jadi, Daya yang digunakan untuk mendorong berat motor dan Anda dihitung dalam (DK) yang artinya adalah kemampuan mengusung beban dalam periode tertentu. Kuncinya adalah di nilai berat atau masa. Misal tenaga motor Anda adalah 1 DK maka ia hanya bisa mendorong berat 33,000 pounds, maka jika Anda tambahkan beban lagi lebih dari itu, motor Anda harus menghasilkan Daya yang lebih juga, jika tidak maka tidak akan bisa melaju. Semakin besar berat/massa semakin besar juga tenaga yang dibutuhkan.

ninja.jpg

Dengan analogi ini mari kita ukur gaya gravitasi bumi. Saya tidak berniat mengukur sih cuma membandingkan, antara gaya gravitasi yang menarik bulan dengan gaya gravitasi benda-benda di bumi. Jadi menurut sains modern, gaya gravitasilah yang menarik bulan sehingga tetap pada orbitnya dan tidak meluncur menjauh. Seperti pada motor tadi, dibutuhkan gaya yang besar untuk mendorong beban yang besar, tentu juga berlaku untuk gaya tarik bumi pada bulan, dibutuhkan gaya yang besar untuk menarik masa yang besar.

Sekarang kita coba liat berapa massa bulan. Massa Bulan = 7.34767309 × 10^22 kilogram. Wow!!! Besar sekali!! Pasti membutuhkan gaya yang sangat besar sekali untuk menarik benda seberat itu. Dan gaya ini adalah gaya yang sama dengan gaya yang kita terima. Gaya ini yang menyebabkan apel jatuh dari pohon, orang jatuh dari tangga, serta membuat kita tetap berpijak di tanah dan tidak melayang-layang di angkasa. Bahkan menurut sains modern juga bahwa gaya gravitasi bumi semakin mendekat ke inti bumi adalah semakin besar, itu artinya seharusnya benda-benda dan makhluk yang ada di bumi menerima gaya tarik yang lebih besar dari gaya yang di terima Bulan. Coba deh pikir apa mungkin kita bisa bertahan dari tekanan gaya yang ukurannya lebih besar dari gaya yang menarik massa sebesar 7.34767309 × 10^22 kilogram?? Kalau benar gravitasi itu ada, harusnya badan kita sudah terbenam ke tanah dan tidak bisa gerak bebas sama sekali.

birdsV sd.jpg

Dan yang lebih mengejutkan lagi adalah ada makhluk yang bisa melawan gaya tarik sebesar itu untuk terbang melayang di angkasa. Bagaimana bisa burung-burung terbang di angkasa sementara mereka ditarik oleh kekuatan yang setara massa bulan? Kalo kita analogikan gerakan piston di mesin motor yang menghasilkan gaya untuk mendorong motor, apakah mungkin gerakan kepakan sayap burung akan menghasilkan gaya yang mampu mendorong massa sebesar 7.34767309 × 10^22 kilogram??

Dengan begitu, CASE CLOSED!! GRAVITY DOES NOT EXIST!! DAN ADA YANG SALAH DENGAN TEORI-TEORI TENTANG BUMI, BULAN, MATAHARI, DAN GALAXY ALAM SEMESTA.


sumber: http://fe101.freeforums.net/thread/438/analogi-sederhana-mematahkan-teori-gravitasi

2 komentar:

  1. Assalamu alaikum wr. Wb.

    Saya yakin Agan Alan seorang muslim yang baik. Saya hanya memberi nasehat.
    Salah satu amal yang pahalanya mengalir terus adalah mengajarkan atau menyebarkan ilmu yang berguna alias bukan ilmu yang menyesatkan.

    Sayangnya Agan Alan ketika memposting ulang artikel dari forum FE101 ini tidak melakukan kroscek dulu dan langsung begitu saja percaya seolah sebagai suatu kebenaran.

    Kata Guru saya, sebagian besar postingan yang ada di forum FE101 adalah ilmu yang salah. Contohnya artikel yang Agan posting ulang itu.

    Dan kata Guru saya, begitulah tabiat mereka, memahami ilmu secara keliru lalu menuduh ada kesalahan di dalamnya.


    Begini penjelasan saya Gan sesuai dengan apa yang diajarkan Guru saya dan juga orang yang mengerti Fisika dan juga dari berbagai buku Fisika.

    Gravitasi itu gaya interaksi dua benda Gan. Besarnya gaya tarik yang terjadi bergantung dari massa keduanya. Misalnya gaya gravitasi bumi dan bulan dihitung pake massa bumi dan bulan. Jika dihitung hasilnya sekitar sepuluh pangkat dua puluh Newton Gan. Ini besar sekali ya Gan nolnya ampe 20.

    Kalau gaya gravitasi bumi dan burung ya dihitung pake massa bumi dan burung, misalnya massa burung 300 gr, jika dihitung hasilnya hanya 3 Newton. Kecil Gan. Jadi tidak sama dengan gravitasi Bumi-Bulan Gan.

    Jadi bener kata Guru saya Gan, oleh FE101 Gravitasi difahami secara keliru lalu dituduh gravitasi adalah hoax.
    Coba deh Agan cari literatur yang menjelaskan bukti gravitasi atau percobaan gravitasi di laboratorium agar Agan yakin bahwa Gravitasi itu bukan Hoax. Saya pernah denger ada mahasiswa yang sudah melakukan percobaan di laboratorium yang membuktikan adanya gaya tarik-menarik antara dua benda. kayanya sih, bola logam besar ama bola logam kecil bisa tarik-tarikan. Coba deh Gan cari.

    Ini juga kata Guru saya Gan, Bumi datar itu bukan dari Islam dan sama sekali tidak ada hubungannya dengan Islam Gan. Tidak ada astronom Islam dari dulu sampai sekarang yang mengatakan bentuk bumi datar. Dan kalau dilihat dari sejarah lahirnya FE jelas sekali itu dari barat dan bukan orang Islam.

    Oh ya Gan...
    Hormati Guru ya Gan. Jangan meniru orang FE yang suka mencaci maki Guru dengan menuduh mereka mengajarkan kebohongan soal bentuk bumi. Itu sama saja dengan menuduh Guru kita adalah orang yang bodoh.

    Begitu Gan. Jadi kalo mau posting tulisan orang hati-hati Gan, kroscek dulu. Sebagai muslim yang baik tentunya kita akan sangat menyesal bila ternyata menyebarkan ilmu yang salah.

    Wassalamu alaikum wr. Wb.

    BalasHapus
  2. https://muslim.or.id/28368-apakah-bumi-bulat-bola-atau-datar-menurut-pandangan-syariat.html

    BalasHapus